Terimakasih telah berkunjung di blog HESTI

Selasa, 18 Desember 2012

KEDUDUKN SOSIOLOGI DI ANTARA ILMU-ILMU LAIN
            Beberapa penjelasan mengenai hubungan sosiologi dan ilmu-ilmu social lain adalah sebagai berikut.

1.    Sosiologi dan Ilmu Politik
Ilmu pada dasarnya mempelajari daya upaya untuk memperoleh, mempertahankan, dan menggunakan kekusaan, sementara sosiologi memusatkan perhatiannya pada segi-segi masyarakat yang bersifat umum da berusaha untuk mendapatkan pola-pola yang juga umum. Bagi sosiologi, soal daya upaya untuk mendapatkan kekuasaan diganbarkan sebagi salah satu bentuk persaingan, pertikaian, atau konflik.
2.    Sosiologi dan ekonomi
Ekonomi mempelajari usaha-usaha manusia dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan meteriilnya, sementara sosiologi mempelajari unsure-unsur dalam masyarakat secara keseluruhan. Contoh ilmu ekonomi berusaha memecahkan masalah bagaimana menaikkan nilai rupiah terhadap dolar Amerika dengan cara menurunkan suku bunga bank.
3.    Sosiologi dan ilmu sejarah
Sosiologi dan sejarah merupakan ilmu social yang mempelajari kejadian dan hubungan yang dialami manusia sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat. Sejarah melihat berbagai kejadian atau peristiwa yang dialami manusia pada masa silam dan mencari hubungan antarperistiwa tersebut. Selain itu, sejarah juga berfungsi untuk menemukan sebab-sebab terjadinya suatu peristiwa. Dengan kata lain, sejarah menaruh perhatian hanya kepada peristiwa masa silam dan sifat unik dari peristiwa tersebut. Berbeda dengan sejarah, ilmu sosiologi hanya memperhatikan peristiwa yang merupakan proses kemasyarakatan yang timbul dari dari hubungan antarmanusia dalam situasi berbeda.
4.    Sosiologi dan antropologi
Antropologi, khususnya antropologi social, agak sulit dibedaka dengan sosiologi. Ada pendapat yang menyatakan bahwa antropologi memusatkan perhatiannya pada masyarakat primitive atau memiliki kebudayaan yang masih sederhana, sementara sosiologi memusatkan perhatiannya pada masyarakat modern yang kompleks. Namun, sekarang ini antropologi juga menaruh perhatian pada masyarakat modern, seperti munculnya kajian antropologi perkotaan. Demikian pula dengan sosiologi, yang mulai melihat masyarakat masyarakat pedesaan. Menurut Koentjoroningrat, yang membedakan sosiologi dan antropologi adalah metode ilmiahnya.
5.    Sosiologi dan ilmu-ilmu pasti
Sosiologi juga memiliki hubungan dengan ilmu-ilmu pasti, terutama dengan matematika. Dalam suatu penelitian, sosiologi menggunakan angka-angka matematis, seperti data-data statistic, sebagai salah satu alat analisisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar