Terimakasih telah berkunjung di blog HESTI

Selasa, 18 Desember 2012

POKOK BAHASAN SOSIOLOGI
Untuk mengetahui apa saja yang merupakan pokok bahasan sosiologi, lebih dulu kita melihat beberapa pandangan tokoh-tokoh sosiologi tentang hal tersebut. Dua tokoh perintis yang akan dibahas adalah Emile Durkheim dan Max Weber, sedangkan tokoh masa kini diwakili oleh C. Wright Mills dan Peter L. Berger.

Emile Durkheim
            Menurut Durkheim, pokok pembahasan sosiologi adalah fakta-fakta social. Yang dimaksud dengan fakta social adalah pola-pola atau sistem yang mempengaruhi manusia bertindak, berpikir, dan merasa. Fakta social tersebut berada di luar individu dan mempunyai kekuatan memaksa dan mengendalikan individu tersebut. Contoh di sekolah siswa diwajibkan untuk dating tepat waktu, memakai seragam, dan bersikap hormat kepada guru. Kewajiban-kewajiban tersebut dituangkan dalam ke dalam sebuah aturan dan memiliki sanksi tertentu jika dilangggar.
Max Weber
            Menurut Weber, pokok kajian sosiologi adalah tindakan social. Namun, tidak semua tindakan manusia dapat dianggap sebagai tindakan social. Suatu tindakan disebut sebagai tindakan social hanya jika tndakan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain. Sebagai contoh, menanam bunga untuk kesenangan pribadi bukan merupakan tindakan social. Namun, menanam bungan untuk diikutsertakan dalam sebuah lomba sehingga mendapat pehatian orang lain, merupakan tindakan social. Max Weber ingin menekankan bahwa tindakan tertentu dapat memiliki makna subjektif bagi pelakunya. 
Wright Mills
            Pokok bahasan Sosiologi menurut C. Wright Mills terkenal dengan sebutan khayalan social (the sociological imagination). Khayalan sosiologi ini diperlukan untuk dapat memahami apa yang terjadi di masyarakat maupun yang ada dalam diri manusia. Menurut Mills, dengan khayalan sosiologi, kita mampu memahami sejarah masyarakat, riwayat hidup pribadi, dan hubungan antar keduanya. Alat untuk melakukan khayalan social adalah personal trouble of milieu dan public issues of social structure. Personal trouble of milieu adalah permasalahan pribadi individu dan merupakan ancaman terhadap nilai-nilai pribadi, sedangkan public issues of social structure


Tidak ada komentar:

Posting Komentar