Terimakasih telah berkunjung di blog HESTI

Selasa, 18 Desember 2012



DEFINISI SOSIOLOGI
Sosiologi berusaha mengkaji drama kehidupan social manusia terutama tentang tindakan-tindakan manusia baik tindakan individual, tindakan kelompok, tindakan yang lazim (commonplace) maupun tindakan yang lazim (unusual). Dengan mengambil contoh dari paparan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa sosiologi adalah sebuah studi sistematis tentang:
1.      Perilaku social dari individu-individu
2.      Cara kerja kelompok-kelompok social, organisasi, kebudayaan, dan masyarakat
3.      Pengaruh dari kelompok, organisasi, kebudayaan, dan masyarakat terhadap perilaku individu dan kelompok.
Meskipun beberapa orang berpendapat bahwa sosiologi hanya memusatkan perhatiannya pada kelompok-kelompok (social group) dan perilaku masyarakat, definisi di atas memberi perhatian pada kenyataan bahwa sosiologi juga menaruh minat pada perilaku-perilaku individu yang dipengaruhi oleh kelompok atau masyarakat.
Lalu, apa pandangan para ahli tentang pengertian dan subyek sosiologi? Ada banyak tokoh yang berusaha mendefinisikan sosiologi. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Charles Ellwood
Mengemukakan bahwa sosiologi merupakan pengetahuan yang menguraikan hubungan manusia dan golongannya, asal dan kemajuannya, bentuk dan kewajibannya.
2.      Gustav Ratzenhofer
Mengemukakan bahwa sosiologi merupakan pengetahuan tentang hubungan manusia dengan kejiwaannya untuk menyelidiki dasar terjadinya evolusi social serta kemakmuran bagi anggota-anggotanya.
3.      Herbert Spencer
Mengemukakan bahwa sosiologi mempelajari tumbuh , bangun, dan kewajiban masyarakat
4.      Emile Durkheim
Menyatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta-fakta social, yaitu fakta-fakta yang berisikan cara bertindak, berpikir, dan berperasaan yang berada di luar individu. Fakta –fakta tersebut mempunyai kekuatan untuk mengendalikan individu.
5.      Max Weber
Mengemukakan bahwa sosiologi mempelajari tindakan-tindakan sosial
6.      Pitiri A. Sorokin
Mengatakan bahwa sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbale balik antara aneka macam gejala-gejala social (misalnya, gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hokum dengan ekonomi), hubungan dan pengaruh timbale balik antara gejala social dan non-sosial (misalnya, pengungsian dengan bencana alam), dan cirri-ciri umum dari semua jenis gejala-gejala social.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar